Tren angka kematian jemaah haji menurun

Data Siskohat Kemenag mencatat jemaah asal Indonesia yang meninggal sebanyak 52 orang dengan berbagai sebab.

Petugas kesehatan memberi perawatan calon haji yang sakit di Rumah Sakit KKHI Mekkah, Arab Saudi, Minggu (21/7)./AntaraFoto

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin menyatakan tren angka kematian jemaah haji tahun ini menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu,

“Kami bersyukur di hari yang sama dibanding dengan tahun yang lalu angka kematian jemaah haji kita menurun,” kata Lukman Hakim Saifuddin yang juga Menteri Agama setelah meninjau Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah di Aziziyah, Mekkah, Sabtu petang waktu setempat.

Hal itu salah satunya tidak terlepas dari kerja keras upaya promotif dan preventif yang mengedukasi kegiatan-kegiatan preventif dengan sangat gencar kepada jemaah.

Lukman berpendapat ibadah haji yang memerlukan modal fisik yang prima sangat tergantung pada upaya penjagaan hidup yang sehat.

“Tentu ini antara lain buah dari promosi prevensi kegiatan-kegiatan preventif kita dilakukan dengan lebih gencar. Bagaimana sejak dari Tanah Air jamaah haji kita, kita imbau untuk berpola hidup sehat menjaga kesehatannya masing-masing,” katanya.