UAS dilarang masuk ke Singapura, Menparekraf: Mari tidak berprasangka dulu

UAS merasa heran dengan sikap yang diambil oleh pihak Singapura lantaran tidak dapat memberikan penjelasan dan dianggap angkuh.

Ustaz Abdul Somad memberikan klarifikasi atas dugaan penistaan agama di Kantor MUI Jakarta, Rabu (21/8). Alinea.id/Alfiansyah Ramdhani

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno mengatakan, ustaz Abdul Somad (UAS) merupakan ulama besar di Indonesia dan juga merupakan penggerak ekonomi kreatif.

"Beilau ikut membantu kami juga mempromosikan destinasi wisata berbasis wisata religi dan beliau ulama yang kami muliakan juga kami sangat hormati," kata dia saat merespons informasi mengenai UAS yang dilarang masuk ke Singapura, Selasa (17/5).

Begitu mendapatkan kabar tersebut dari media, jelas dia, dirinya langsung mengumpulkan beberapa informasi serta mendapatkan kronologi, termasuk konfirmasi ke KBRI di Singapura. Dan pihak KBRI sekarang sedang melakukan pengecekan. Untuk itu, dia mengharapkan agar semua pihak bersabar.

"Mari kita tidak berprasangka dulu. Kita dapatkan informasi secara menyeluruh. Kami juga akan mengecek juga dengan rekan-rekan dari Kementerian Luar Negeri dan juga di Singapura. Apalagi kita dan Singapura ini sangat bersahabat," tutur dia. Buktinya, Singapura menduduki nomor dua tertinggi di Indonesia. Pembukaan Batam-Bintan diharapkan bisa meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara melalui Singapura.

Kendati begitu, Sandi memastikan masalah ini akan ditangani dan tentunya semuanya akan terbuka dan transparan sehingga tidak ada yang terzalimi.