Unair temukan dua senyawa baru obat Covid-19

Kedua senyawa tengah menjalani proses uji praklinis.

Ilustrasi coronavirus. Foto Pixabay.

Tim Peneliti Covid-19 Universitas Airlangga menemukan dua senyawa baru untuk obat coronavirus. Saat ini kedua senyawa tersebut tengah menjalani proses uji praklinis.

Koordinator Produk Riset Covid-19 Universitas Airlangga Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengatakan, dua senyawa baru ini berhasil disintesis. Unair juga berhasil mendapatkan whole genome sequences dari enam jenis virus Covid-19 yang menginfeksi pasien di Indonesia.

“Sudah diperoleh dua senyawa baru yang berhasil disintesis. Dan saat ini sedang proses uji praklinis,” ujar Ni Nyoman Tri Puspaningsih, saat jumpa pers, di Kampus C Unair, Surabaya, Jumat (8/6).

Menurut Prof Ni Nyoman, terdapat sejumlah laporan perkembangan lain dari riset Covid-19 yang telah dilakukan Unair. Seperti halnya uji etik, pengkulturan sel vero, sel ginjal, HSC, dan NK cell. Unair telah berhasil melakukan serangkaian uji efektivitas obat dan kombinasi obat SARS Cov-2 khas Indonesia.

“Uji etik, pengkulturan sel vero, sel ginjal, HSC, dan NK cell sudah berhasil dilakukan. Kemudian uji toksisitas juga sudah berhasil didapat. Saat ini masih berlangsung analisis stabilitas kombinasi, RT-PCR analisis uji tantang voris, multiplicity of infection,” terangnya.