Untung Rp2,1 T per bulan, Demokrat dorong Pertamina bangun ekonomi rakyat

Saatnya Pertamina kembalikan keuntungan dalam bentuk hibah ke UMKM

Petugas SPBU menggunakan baju kebaya di hari kartini di Coco Ulak Karang, Padang, Sumatera Barat, Selasa (21/4 /2020)/Foto Antara/Iggoy el Fitra.

Wakil Ketua MPR Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, dari harga bahan bakar minyak (BBM) premium saat ini, PT Pertamina sudah mendapatkan keuntungan Rp450/liter.

Bila dikalikan dengan 1 juta barrel per hari, keuntungan Pertamina adalah sebesar Rp71,5 miliar per hari atau Rp 2,1 triliun per bulan.

Selain keuntungan dari harga BBM premium, politikus Partai Demokrat itu juga mengungkapkan bahwa Pertamina mendapatkan keuntungan dari cost saving harga minyak dunia.

"Harga minyak dunia saat ini turun hingga 35 dolar, sementara harga ICP 63 dolar/barrel. Total cost saving Pertamina Rp13,1 triliun per bulan," ujar Syarief Hasan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (11/5).

Pertamina, sambung dia, seharusnya bisa menurunkan harga BBM jenis premium dan memberikan hibah bukan pinjaman kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM.