Vaksin Covid-19 tiba, Airlangga: Bangun rasa aman dan "pede"

Pemerintah menyiapkan 2 skema dalam pelaksanaan program vaksinasi.

Simulasi program vaksinasi Covid-19 Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jabar, Senin (16/11/2020). Dokumentasi Pemkot Bogor

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Penanggulangan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto, menyatakan, kedatangan vaksin buatan Sinovac Biotech Ltd membangun percaya diri masyarakat. Imbasnya, bakal menggerakan kembali perekonomian.

"Pelaksanaan vaksinasi akan membangun rasa aman dan kepercayaan diri kita sebagai bangsa dalam melakukan berbagai aktivitas sosial ekonomi kita untuk mendukung ketahanan kesehatan, mendorong produktivitas, serta menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional," ujarnya dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (6/12) malam.

Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, semalam. "Penawar" kini sudah dipindahkan ke ruang pendingin (cool room) di Kantor Pusat PT Bio Farma (Persero), Kota Bandung, Jawa Barat, dini hari tadi.

Selanjutnya, bakal diambil sampel vaksin untuk pengujian mutu oleh tim Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma. Tujuannya, memastikan mutu, keamanan, dan efektivitas.

Vaksin pun masih menunggu fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Setelah seluruh tahapan tersebut selesai, baru bisa diberikan kepada masyarakat umum.