Vaksin Covid-19 tiba, Terawan yakin tidak ada yang rusak

Kiriman pertama, menurut Terawan, untuk tenaga medis, asisten, hingga para penunjang fasilitas pelayanan kesehatan. 

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia dipastikan telah melewati berbagai pemeriksaan ketat. Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto meyakini semua itu dalam kondisi baik.

"Tidak ada kemasan dan isi yang rusak. Suhu selama perjalanan dan pengiriman sesuai dengan prosedur. Kalau ada barang yang tidak sesuai, segera kami sampaikan kepada penyedia vaksin dengan melampirkan vaksin a reveals report-nya," ucapnya dalam konferensi pers virtual, Senin (12/7).

Dari kendaraan pengantar, hingga ke gudang vaksin, telah sesuai standar operasional prosedur (SOP) rantai dingin. Untuk kiriman pertama, menurut dia, untuk tenaga medis, asisten, hingga para penunjang fasilitas pelayanan kesehatan. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes), telah menyiapkan data jumlah sasaran dan kebutuhan vaksin per kabupaten/kota yang selanjutnya akan dimasukkan dalam tim sistem informasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

"KPC PEN yang akan menyiapkan dalam bentuk data sasaran by name by address. Pelaksanaan distribusi vaksin sesuai dengan prosedur cara distribusi obat yang baik (CDOB)," ujar Terawan.