Vaksinasi Covid-19 Jateng akan digelar di 878 puskesmas

Hingga kini, Dinkes Jateng telah melatih 2.785 vaksinator dan siap bertugas.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (kiri), saat mengecek vaksin Covid-19 di gudang Dinkes Jateng, Kawasan Industri Tambakaji, Kota Semarang, Jateng, Senin (4/1/2021). Dokumentasi Pemprov Jateng

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) akan melakukan vaksinasi Covid-19 di 878 puskesmas pada 35 kabupaten/kota di wilayahnya. Seluruh infrastruktur, utamanya tenaga vaksinator, diklaim telah siap bertugas.

"Lalu, rumah sakit jumlahnya ada 316 (titik). Sebanyak 238 di antaranya bisa melayani vaksinasi,” ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, Senin (4/1).

Sebanyak 62.560 dosis CoronaVac, vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinovac Biotech Ltd, telah tiba di Jateng, dini hari tadi. "Penawar" tersebut sementara disimpan di gudang Dinkes Jateng, Kawasan Industri Tambakaji, Kota Semarang.

Hingga kini, Dinkes Jateng telah melatih 2.785 vaksinator dan siap bertugas. Pun tengah mempersiapkan 6.317 orang lainnya.

Dirinya melanjutkan, Pemprov Jateng bermitra dengan fasilitas kesehatan (faskes) swasta sebagai lokasi vaksinasi. Namun, persyaratan yang ditetapkan ketat, seperti memiliki tempat penyimpan vaksin, vaksinator, dan akses internet untuk pelaporan daring.