Kemenkes: Vaksinasi dosis ketiga untuk lansia Januari-Februari 2022

Saat ini, kata dia, pemerintah masih fokus menaikkan capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua untuk kelompok lansia.

Ilustrasi. Pixabay

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pastikan vaksinasi dosis ketiga atau booster untuk lanjut usia (lansia) tetap akan berjalan. Skenario vaksinasi ini akan dimulai pada Januari atau Februari 2022. 

Demikian disampaikan, Juru bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi. Saat ini, kata dia, pemerintah masih fokus menaikkan capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua untuk kelompok lansia.

Vaksinasi dosis ketiga untuk lansia akan diberikan melalui program pemerintah. Untuk masyarakat lainnya yang belum menjadi prioritas, Nadia meminta, untuk menunggu. 

Sebab, vaksinasi dosis ketiga untuk mereka masih menjadi opsi. "Karena tadi, bahwa di Singapura juga (sama seperti di Indonesia) kasus berat berakhir kematian dari lansia. Jadi, itu yang harus kita selamatkan dan dahulukan," ucapnya dalam diskusi virtual, Selasa (16/11).

Kendati, telah membuat skenario, menurutnya, Kemenkes akan menyuntikan vaksinasi dosis ketiga kepada lansia jika capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 70% dan dosis kedua 60%.