Varian baru Covid-19 diprediksi masuk Indonesia, Menkes: Kita belum tahu

Menkes Budi Gunadi tak ingin terlalu cepat mengambil kesimpulan soal varian baru Covid-19.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kanan), duduk bersama dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri). (Dokumentasi: Humas Kementerian BUMN).

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa kementeriannya belum mendapatkan informasi varian baru Covid-19 telah menyebar di Indonesia.

“Sampai sekarang kita belum tahu,” ucapnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/12).

Kementerian Kesehatan, lanjut Budi Gunadi, akan berkoordinasi dengan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi (BRIN). Juga akan bersinergi dengan sekitar 11 dari 12 laboratorium dengan kemampuan pengurutan genom (genome sequencing).

BRIN dan jejaring laboratorium akan secara rutin akan menerima sample kirim dari rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Kemenkes juga akan melakukan pengurutan keseluruhan genom (whole genome sequencing) untuk memeriksa apakah ada varian baru Covid-19, termasuk menggandeng sejumlah laboratorium internasional untuk melakukan pengurutan genom guna memetakan pola penyebaran varian baru Covid-19 di dunia.

“Kita perlu membahas dengan ahlinya dan biarkan para ahlinya memahami hal ini. Kita jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan sendiri,” tutur Budi.