Wapres: AICIS mempromosikan Indonesia sebagai pusat kajian Islam moderat dunia

Wapres menegaskan bahwa ajaran Islam diturunkan oleh Allah tidak untuk menyulitkan pemeluknya.

Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin. foto Wapresri.go.id

Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), K.H. Ma’ruf Amin membuka secara resmi acara Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) Ke-20 Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, pada Senin (25/10).

Dilansir dari situs resmi Wakil Presiden Republik Indonesia, dalam acara tersebut, K.H. Ma’ruf Amin mengapresiasi penyelenggaraan AICIS Ke-20 yang dinilai sebagai wujud promosi Indonesia sebagai pusat kajian Islam moderat dunia.

“Salah satu peran penting AICIS ini, menurut saya, tidak saja mampu menguatkan kajian Islam di tanah air, khususnya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), tetapi juga mempromosikan Indonesia sebagai pusat kajian Islam dunia yang mengusung gagasan Islam Indonesia yang moderat,” kata Wapres K.H. Ma’ruf Amin.

Wapres menilai bahwa hal ini sangat penting karena Islam moderat (wasathiyah), memiliki posisi sentral yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat di dunia dalam mengatasi konflik dan juga berbagai permasalahan lainnya yang ada.

Menurutnya, dunia saat ini membutuhkan gagasan-gagasan baru untuk mengatasi tantangan pandemi virus Covid-19, mulai dari aspek medis sampai dengan aspek-aspek yang bersifat non medis yang meliputi semua bidang yang terkena dampak dari pandemi Covid-19.