Wapres ingatkan isu terorisme dan maritim di KTT ASEM

Indonesia siap dan berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua mitra ASEM dalam menangani isu-isu terorisme dan keamanan maritim.

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutan dalam Forum Infrastruktur Global 2018 yang menjadi rangkaian Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10). /Antara Foto.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan pandangannya terkait isu terorisme dan keamanan maritim dalam Pertemuan Asia-Eropa (Asia-Europe Meeting/ASEM) pada sesi retreat di S9 di Gedung Europa, Brussels, Belgia, Jumat (19/10), waktu setempat.

JK menjelaskan, sejak KTT ASEM dilaksanakan, banyak mitra di Asia dan Eropa mengalami tindakam terorisme yang menyebabkan hilangnya nyawa dan kerusakan material.

“Indonesia sangat mengutuk terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya,” katanya, seperti dikutip dalam keterangan resmi, Sabtu (20/10).

Bagi Indonesia, kata Jusuf Kalla, terorisme menjadi ancaman bagi keamanan nasional dan internasional. Karenanya, harus memperkuat kerja sama untuk mengatasi ancaman tersebut.

Jusuf Kalla juga menekankan pentingnya mengatasi akar masalah penyebabnya terorisme dan radikalisme, yang berasal dari ketidakadilan politik, ekonomi, sosial, serta ketidakpastian, seperti halnya kekerasan bersenjata dan intervensi militer secara sepihak.