Waspada bencana hidrometeorologi, banjir rendam 5 desa di Lampung

BNPB mengimbau pemda meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bahaya hidrometeorologi.

Penampakan banjir di Kabupaten Tanggamus, Lampung, Selasa (31/8)/Foto via BNPB

Hujan deras sebabkan banjir melanda lima desa di Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Yaitu, Desa Sukaraja, Sedayu, Bangun Rejo, Pardawaras, dan Way Kerap.

Banjir yang terjadi pada Selasa (31/8), pukul 03.15 WIB itu merusak dua rumah warga. Namun, beberapa hektar lahan pertanian terendam banjir. “(Peristiwa) ini tidak mengakibatkan jatuhnya korban jiwa,” ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Rabu (1/9).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus melaporkan, hujan berintensitas tinggi yang terjadi sejak Senin (30/8) sore hari itu sebabkan debit air sungai meluap.

Bahkan, peristiwa dini hari itu menjebol tanggul Sungai Way Sedayu yang berdampak parah bagi di Desa Sukaraja. “Pantauan BPBD menyebutkan limpasan luapan air sungai merendam kawasan sekitar,” ucapnya.

Hingga saat ini, BPBD setempat masih mendata kerugian banjir tersebut. Di sisi lain, hujan deras dengan durasi lama tersebut juga memicu terjadinya longsor di sepanjang jalan lintas barat, seperti di beberapa titik Pekon Sedayu, dan Sukaraja.