WHO soroti rendahnya cakupan vaksinasi lansia di Indonesia

Lebih dari 60% populasi lansia di 30 provinsi di Indonesia belum divaksin Covid-19 hingga kini.

Tenaga medis menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada lansia di Kota Surabaya, Jatim. Foto Antara/Didik Suhartono

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti rendahnya cakupan vaksinasi Covid-19 terhadap kelompok lanjut usia (lansia) di Indonesia. Pangkalnya, lebih dari 60% populasi berusia 60 tahun ke atas di 30 provinsi di Tanah Air belum divaksin.

Bahkan, mengutip Anadolu Agency, cakupan vaksinasi terhadap lansia di 10 provinsi di antaranya masih di bawah 10%. Perinciannya, Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

"Upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan kesadaran akan manfaat vaksinasi Covid-19 pada populasi lansia dan berisiko tinggi penting untuk mengurangi angka kematian," tulis WHO dalam laporan perkembangan situasi Indonesia, Jumat (27/8).

WHO juga mengamati penurunan tren penyuntikan vaksin setiap minggunya di sebagian provinsi di Indonesia, khususnya terhadap lansia.

Sementara itu, merujuk data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), baru 24% lansia di Indonesia yang telah mendapatkan satu dosis vaksin dari target sebanyak 21,5 juta orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 17% atau setara dengan 3,65 juta diantaranya telah menerima dosis lengkap.