Wiranto ditusuk, pengamanan 3 pejabat target pembunuhan perlu diperketat

Tiga pejabat lain yang menjadi target pembunuhan dinilai perlu mendapat pengamanan ketat.

Menko Polhukam Wiranto digotong dari mobil menuju ruang UGD Menes Medical Center (MMC) sesaat setelah diserang di Alun-alun Menes usai meresmikan ruang kuliah bersama Universitas Matlaul Anwar di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10)./ Antara Foto

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menilai perlu ada upaya pengetatan pengamanan terhadap Wiranto dan tiga pejabat negara lain, setelah terjadi insiden penusukan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. 

Ketiga pejabat yang dimaksud adalah Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, serta Staf Khusus Presiden bidang Intelijen dan Keamanan Gories Mere.

"Pengamanan harus sangat ketat, jangan sampai ada yang menyusup dan melakukan itu," kata Fadel di Jakarta, Kamis (11/10).

Dia pun menyayangkan terjadinya insiden penusukan terhadap Wiranto. Apalagi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah jauh-jauh hari menyampaikan bahwa mantan Ketua Umum Partai Hanura itu menjadi target pembunuhan. Selain Wiranto, Kapolri juga menyebut nama Luhut, Budi Gunawan, dan Gories Mere, yang menjadi target dari aksi yang sama.

Kapolri menyampaikan informasi tersebut pada 28 Mei 2019 lalu, setelah terjadi kerusuhan yang menjadi buntut aksi demonstrasi di depan Gedung Bawaslu pada 21-22 Mei 2019. Pelaku yang menargetkan pembunuhan tersebut juga terlibat dalam kerusuhan saat itu.