Wisma Atlet Kemayoran siap digunakan sebagai tempat pasien Covid-19

Empat tower Wisma Atlet Kemayoran, akan dijadikan tempat penanganan Covid-19.

Sejumlah petugas berjaga di depan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/3). Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono segera menyiapkan Wisma Atlet sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi pasien yang terjangkit virus corona. Foto Antara/Aditya Pradana Putra/aww.

Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat sudah siap digunakan sebagai tempat isolasi coronavirus jenis baru atau Covid-19. Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan atau Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan, telah mengecek semuanya dan sudah siap dimanfaatkan.

"Sudah melakukan survei untuk mengecek sarana dan prasarana," ujar Yudo kepada wartawan, Jakarta, Kamis malam (19/3).

Meski begitu, menurut Yudo, tetap akan dilakukan inventarisasi terlebih dahulu kebutuhan apa saja yang harus dipersiapkan. "Iya siap, nanti tinggal kami susun satgas pendamping, batalyon kesehatan, ditambah tenaga medis Kementerian Kesehatan (Kemenkes), satgas pendukung, dan satgas pengamanan," jelas dia.

Kemarin (19/3), Kementerian PUPR menargetkan, sejumlah menara atau tower di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat sudah bisa operasional sebagai rumah sakit darurat penanganan Covid-19, pada Senin (23/3).

Ihwal itu disampaikan, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, dalam rilis hasil Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.