Wujudkan program Zero ODOL 2023, ini langkah Kemenhub

Kemenhub bekerjasama dengan berbagai pihak tingkatkan keselamatan angkutan barang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelum pandemi Covid-19/Antara Foto

Angkutan Barang menjadi tulang punggung dan penunjang perekonomian Indonesia. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini angkutan barang jalur darat masih mendominasi logistik Indonesia dengan peran 90%.

Untuk itu, perlu kebijakan tepat untuk mewujudkan penyelenggaraan angkutan darat di jalan yang aman, selamat, lancar dan tertib, sehingga persoalan di lapangan bisa diminimalisir.

“Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh penyelenggara jasa angkutan barang adalah over dimension dan overload (ODOL),” ujarnya dalam webinar Meningkatkan Keselamatan Angkutan Barang di Jalan, Rabu (23/9/2021).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, lanjut Menhub, Kementerian Perhubungan dibantu dengan stakeholder terkait telah melakukan penegakkan hukum seperti transfer muatan, tilang elektronik (e-tilang), normalisasi kendaraan hingga penindakan penyidikan P21 demi mewujudkan program Zero ODOL 2023.

Saat ini Kementrian Perhubungan sedang mendorong penerapan sistem manajemen keselamatan perusahaan angkutan barang di mana setiap perusahaan angkutan wajib membuat melaksanakan sistem manajemen keselamatan.