8 Orang akan diadili dengan tuduhan pembunuhan Diego Maradona

Jaksa Argentina memulai penyelidikan tak lama setelah kematian Maradona di sebuah rumah dekat Buenos Aires.

8 Orang akan diadili dengan tuduhan pembunuhan Diego Maradona. Foto discoverlifeatl.com

Delapan orang yang merawat superstar sepak bola Argentina Diego Maradona akan diadili karena pembunuhan. Hal ini merupakan putusan yang dikeluarkan pada Rabu (23/6) menyusul penyelidikan kematiannya akibat serangan jantung.

Dalam dokumen setebal 236 halaman yang dilihat oleh Reuters, hakim yang bertanggung jawab atas kasus tersebut mempertanyakan “perilaku – aktif atau karena kelalaian – dari masing-masing terdakwa yang menyebabkan dan berkontribusi pada realisasi hasil yang merugikan” dalam hal ini berujung pada kematian Maradona.

Putusan itu mengatakan delapan orang termasuk dokter, perawat, dan psikolog yang merawat Maradona pada saat kematiannya pada tahun 2020 dituduh melakukan "pembunuhan sederhana", tuduhan serius yang berarti mencabut nyawa dengan niat. 

Sebuah dewan medis yang ditunjuk untuk menyelidiki kematian Maradona menyimpulkan pada tahun 2021 bahwa tim medisnya bertindak dengan cara yang “tidak pantas, tidak tepat, dan sembrono”.

Maradona dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbesar dalam sejarah, berjuang melawan narkoba dan penyalahgunaan alkohol selama bertahun-tahun.