Asian Games momentum promosi produk Indonesia

Perhelatan besar ini juga perlu dimanfaatkan guna memperluas akses pasar ekspor

Pekerja menyelasaikan pembuatan sepatu kulit di Industri Rumahan, Bandung, Jawa Barat, Rabu (25/7)./AntaraFoto

Penyelenggaraan Asian Games 2018 menjadi momentum yang baik untuk mempromosikan produk unggulan dari Indonesia termasuk dari industri kecil dan menengah (IKM).

Direktur Jenderal IKM, Kemenperin, Gati Wibawaningsih Peluang, mengatakan, perhelatan besar ini juga perlu dimanfaatkan guna memperluas akses pasar ekspor.

“Kami telah mendorong pelaku IKM untuk ikut berpartisipasi dalam perhelatan Asian Games 2018 yang digelar bulan depan,” kata Gati di Jakarta, Rabu (25/7)

 Sangat banyak peluang bisnis yang bisa didulang oleh pelaku IKM nasional dari pesta olahraga yang diikuti 45 negara tersebut. Misalnya, menjual produk khas Jakarta dan Palembang kepada wisatawan yang datang, seperti produk kerajinan hingga makanan dan minuman.

“Kami berharap, dalam ajang ini, tidak hanya pengusaha besar yang memiliki peran, tetapi juga IKM harus bisa berpartisipasi, atau pengusaha besar bekerjasama dengan IKM," paparnya.