Babak 16 besar belum bergulir, semifinal sudah di tangan Amerika Latin

Amerika Latin berpeluang besar mempertahankan hegemoni di kenduri global.

Selebrasi Claudio Echeverri kala mencetak gol buat Argentina di Piala Dunia U-17 2023. Foto FIFA

Enam belas tim baru saja dipastikan lolos ke babak perdelapan final Piala Dunia U-17 Indonesia 2023. Satu tempat di semifinal nanti telah menjadi milik wakil Amerika Latin (CONMEBOL).

Utusan CONMEBOL diwakili empat partisipan: Brasil juara bertahan, Argentina, Ekuador, dan Venezuela. Keempatnya berhasil maju ke 16 Besar dan ternyata saling berhadapan.

Mereka mengisi slot yang langsung bersilangan jika melaju ke babak selanjutnya. Pada 16 Besar, Ekuador versus Brasil di Stadion Manahan, Surakarta, Senin (20/11). Pemenangnya bertemu dengan pemenang dari laga Argentina kontra Venezuela di Stadion Jalak Harupat, Soreang, Selasa (21/11).

Di atas kertas, Brasil bisa mengalahkan Ekuador meski takkan mudah. Pada ajang kualifikasi, Kejuaraan CONMEBOL U-17 2023, La Tri (Ekuador) sanggup dua kali mengimbangi Seleção (Brasil) dalam kurun 18 hari, bulan Maret-April silam. Dua partai itu berakhir identik 2-2. Mereka manggung di hadapan suporter tuan rumah Ekuador, pertama di kota Guayaquil dan terakhir di ibu kota Quito.

Ekuador sudah familiar dengan Stadion Manahan, venue 16 Besar mereka, karena pada partai terakhir Grup A melawan Panama di sana, Kamis (16/11). Tapi ini bukan jaminan rumput Surakarta akan lebih empuk di kaki Michael Bermudez dkk dari Ekuador.