sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kabar anyar 10 bintang U-17 setelah dari Indonesia

Fort tidak hanya melakukan debut seniornya, namun juga turut membantu serangan sampai ke lini depan.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Selasa, 19 Des 2023 16:00 WIB
Kabar anyar 10 bintang U-17 setelah dari Indonesia

Telah 17 hari berlalu dari final global Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 di Stadion Manahan, Surakarta, yang dijuarai Jerman, Sabtu (2/12). Kabar terbaru dari para bintang belia cukup menarik atensi publik bola.

1. Kendry Páez

Páez tidak ikut diangkut tim nasional Ekuador U-17 ke Indonesia, mereka pun terhenti di 16 Besar di kaki juara bertahan Brasil, Senin (20/11). Di luar Piala Dunia, Páez terus berkembang di kancah domestik kompetisi negara Amerika Latin tersebut.

Kendry mencetak gol untuk Independiente del Valle di final Liga Pro, Minggu (17/12). Kendati klubnya gagal juara, bintang Ekuador kelahiran 2007 mengukir satu rekor gemilang lagi.

"Dia akan melakukan perjalanan ke London awal pekan ini untuk menghubungi Chelsea, mengunjungi pusat pelatihan klub Premier League itu, Cobham Training Ground, dan menghadiri pertandingan Chelsea versus Newcastle," cuit pandit kelas dunia, Fabrizio Romano.

2. Héctor Fort

Bek kanan Spanyol U-17 Héctor Fort membuat debut Liga Champions bersama tim utama Barcelona. Barca telah lolos dan hampir pasti menempati posisi teratas di Grup H, sehingga pelatih Xavi Hernández mampu bereksperimen melawan tuan rumah Royal Antwerp, pada Rabu (13/12).

Fort tidak hanya melakukan debut seniornya, namun juga turut membantu serangan sampai ke lini depan. Dia bermain selama satu jam penuh sebelum João Cancelo menggantikan tempatnya di sisa pertandingan.

Sponsored

Fort bermain untuk salah satu tim U-8 klub pendukung Anguera Barça sebelum diangkat oleh pencari bakat FC Barcelona pada tahun 2013. Dia naik pangkat dan musim ini telah memainkan sepuluh pertandingan dan mencetak satu gol untuk Barça Atlètic, dan juga mencetak gol dalam pertandingan untuk Barca U-19.

Dia juga memiliki pengalaman UEFA Youth League dan merupakan komponen penting dari tim Spanyol pada Piala Dunia U17 baru-baru ini di Indonesia.

3. Marc Guiu

Setelah Héctor Fort keluar, Marc Guiu masuk lapangan. Hebatnya, Guiu menggantikan super striker Robert Lewandowski di menit ke-72. Kekalahan Barca 2-3 di Belgia pun membawa gol pertama Marc Guiu di Liga Champions.

Penyerang berusia 17 tahun ini telah memberikan dampak luar biasa pada malam debut seniornya di La Liga, Minggu (22/10), kontra Athletic Club. Dia mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut hanya beberapa saat setelah masuk sebagai pemain pengganti di menit-menit akhir.

Di Antwerp, dia melakukannya lagi di pertandingan Champions League perdananya. Gol tersebut tidak secepat golnya di liga, namun ia baru berada di lapangan selama 18 menit ketika ia mencetak sebuah sundulan brilian yang sepertinya akan mengamankan hasil imbang di Belgia.

Sayangnya, tim tuan rumah mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir, namun hal itu tidak mengurangi keunggulan penyelesaian luar biasa Guiu dari tendangan bebas Ilkay Gundogan.

4. Claudio Echeverri

Awal pekan ini, dilaporkan bahwa Barcelona mulai merekrut belia ajaib asal Argentina, Claudio Echeverri. Gelandang serang muda ini dianggap memiliki talenta besar di Amerika Selatan, dan dia tampil mengesankan di Piala Dunia U-17 baru-baru ini di Indonesia.

Echeverri memiliki beberapa klub top Eropa yang mengincarnya saat ini, tetapi Barcelona yang mengambil langkah pertama untuk mengontraknya. Namun, setidaknya untuk saat ini, kesepakatan belum tercapai, karena pandit Fabrizio Romano mengabarkan bahwa River Plate menolak tawaran terbaru tim Catalan.

Echeverri memiliki klausul pelepasan EUR25 juta, namun Barcelona tidak mampu membayarnya karena kesulitan keuangan yang sedang mereka alami. Mereka berharap untuk membayar jumlah ini secara mencicil, namun River Plate tidak mau.

Echeverri terbuka untuk bergabung dengan Barcelona, tetapi untuk saat ini, dia tidak akan pindah ke Catalonia. Namun, mungkin ada pergerakan signifikan antara sekarang dan musim panas mendatang.

5. Agustin Ruberto dan Ian Subiabre

Chelsea dan Manchester City sama-sama menunjukkan minat yang kuat pada trio muda River Plate selain Echeverri, Agustin Ruberto dan Ian Subiabre, seperti dilaporkan 90min.

Ketiga pemain muda tersebut merupakan bagian dari skuad Argentina yang mencapai semifinal Piala Dunia U-17 Indonesia 2023. Ruberto memenangkan Sepatu Emas turnamen tersebut dan Echeverri membawa pulang Sepatu Perunggu.

6. Arsha Shakouri, Rento Takaoka, Amirbek Saidov

Tak ada kabar baik bagi tiga pemain berbakat Asia yang sedang naik daun. Hanya sepi cerita tentang kiper Arsha Shakouri (Iran), Rento Takaoka (Jepang), dan Amirbek Saidov (Uzbekistan). Belum ada klub besar yang tertarik merekrut talenta mereka.

7. Paris Brunner

Beberapa hari setelah dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen di Piala Dunia U-17 Indonesia 2023, Brunner siap untuk tampil di tim utama Borussia Dortmund (BvB). Penyerang berperingkat tinggi itu mulai sering berlatih bersama tim utama.

Pelatih BvB, Edin Terzic, mengungkapkan bahwa Brunner akan dimasukkan ke dalam skuad BVB untuk pertandingan Bundesliga melawan RB Leipzig akhir pekan, Sabtu (12/9). Mampu bermain baik di lini tengah maupun sayap, Brunner dianggap sebagai salah satu talenta muda paling menarik di BvB.

Pemain berusia 17 tahun itu mencetak lima gol saat Jerman memenangkan Piala Dunia U-17 2023, dan juga memainkan peran penting dalam kemenangan mereka di Kejuaraan Eropa U-17 awal tahun ini. Dia juga mencetak 19 gol dalam 37 penampilan untuk BvB U-19, termasuk 11 gol hanya dalam 12 penampilan musim ini.

Sementara dua pilar senior, Youssoufa Moukoko dan Sebastien Haller, absen karena cedera, Brunner kini berpeluang melakukan debut tim utama. Namun akhirnya Brunner hanya duduk di bangku cadangan tanpa menit bermain melawan RB Leipzig.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid