Divaksin Covid-19, Jonatan Christie: Membuat antibodi lebih enak

Program vaksinasi Covid-19 tahap kedua juga menyasar atlet, terutama yang akan bertanding di kompetesi nasional ataupun global.

Pebulu tangkis nasional, Jonatan Christie, saat mengikuti vaksin Covid-19 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (26/2/2021). Instagram/@jonathanchristieofficial

Pebulu tangkis nasional, Jonatan Christie, merespons positif program vaksinasi Covid-19 untuk atlet. Alasannya, menjadi hal penting jelang pertandingan, seperti All England Open Badminton Championships.

"Vaksin membuat antibodi lebih baik. Efek setelah divaksinasi cuma pegel biasa, seperti normalnya kalau divaksinasi. Waktu vaksin polio juga rasanya sama, hanya terasa pegal saja," kata Jojo, sapaannya, saat mengikuti vaksinasi massal di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (26/2).

Hal serupa disampaikan Anthony Sinisuka Ginting, rekan Jonathan Christie di tim nasional nomor tunggal putra. Dirinya bersyukur diberi kesempatan divaksin Covid-19.

"Jadi lebih percaya diri lagi ke depannya," ujarnya. "Vaksin jadi satu yang membuat imun saya tambah baik. Semoga ini jadi langkah awal yang bagus juga untuk bisa menjaga tubuh dan kesehatan selama nanti dalam pertandingan."

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menambahkan, vaksinasi untuk atlet, termasuk pelatih dan tenaga pendukungnya, penting dalam persiapan menghadapi kompetisi nasional maupun internasional.