Indonesia gagal capai target di Asian Games 2022

Tim Merah Putih menutup ajang empat tahunan itu dengan raihan tujuh emas, 11 perak, dan 18 perunggu.

Atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi, berhasil meraih medali emas nomor speed putri pada Asian Games 2022 Hangzhou. Desak sukses mengalahkan wakil tuan rumah China, Deng Li Juan, sekaligus mempertajam rekor.Foto: NOC Indonesia/M. Rifqy Priadiansyah

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo tetap mengapresiasi perjuangan kontingen Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou. Di mana, tim Merah Putih menutup ajang empat tahunan itu dengan raihan tujuh emas, 11 perak, dan 18 perunggu.

“Ya ,jadi hari ini sudah bisa diketok bahwa Asian Games  sudah selesai dan kita ada di peringkat tiga belas dengan tujuh medali emas,” kata Menpora Dito dalam keterangan resminya, Minggu (8/10). 

Menpora Dito juga menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden Joko Widodo serta seluruh masyarakat Indonesia atas tidak tercapainya target 10 besar tim Indonesia di klasemen akhir. 

“Saya ucapkan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Bapak Presiden (Joko Widodo), karena target beliau (Presiden) 10 besar,” ujarnya. 

Kendati demikian, Menpora Dito merasa bangga karena catatan di Hangzhou menjadi yang terbaik bagi Indonesia saat penampilan tandang Asian Games.