Jokowi puji Papua sukses gelar PON dan Peparnas

Menurut Jokowi, kesuksesan itu dan keberhasilan menjadi juara umum melampui slogan "Torang Bisa".

Presiden Jokowi melambaikan tangan saat penutupan Peparnas XVI di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, pada Sabtu (13/11/2021). Dokumentasi Kemenpora

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua karena sukses sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI. Pun telah menjadi juara umum pada Peparnas.

"Saya ucapkan selamat kepada Provinsi Papua atas semua prestasinya. Di Peparnas ini, Provinsi Papua juara umum meraih medali terbanyak. Dan selamat kepada Papua telah sukses sebagai tuan rumah PON dan Peparnas," tuturnya saat penutupan Peparnas XVI, Sabtu (13/11) malam.

Menurut Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, capaian tersebut tidak hanya membuktikan slogan "Torang Bisa" telah terlampaui. "Bukan hanya 'Torang Bisa', tapi 'Torang Hebat.'"

Mengutip situs web Kemenpora, Jokowi menambahkan, kesuksesan Peparnas XVI menunjukkan kesulitan tak menjadi halangan. Konsistensi dan kerja keras membuat kesulitan teratasi bahkan meraih prestasi.

"Melalui PON dan Peparnas Papua ini kita juga menunjukkan kebangkitan besar olahraga nassional kita. Kita juga merayakan keberagaman, kita juga menghormati kesetaraan, dan bersama-sama kita meraih prestasi yang mengharumkan bangsa dan negara," paparnya.