Targetkan berprestasi di Olimpiade 2032, Kemenpora susun desain besar olahraga

Penyusunan grand desain itu berdasarkan arahan atau perintah dari Presiden Joko Widodo.

Menpora Zainudin Amali. Foto Antara/HO/Humas Kemenpora

Pemerintah tengah menyusun Grand Design Nasional Indonesia (Desain Besar Olahraga Nasional). Keberadaannya diharapkan bisa meningkatkan prestasi atlet di tingkat regional dan dunia.

“Sebagaimana kita tahu, Indonesia belum mempunyai desain khusus untuk pembinaan prestasi olahraga nasional. Padahal usia negeri Indonesia sudah 76 tahun, tetapi belum mempunyai desain besar,” kata Menpora Zainudin Amali, dalam keterangan daring, Senin (15/3).

Dia mengakui, penyusunan grand desain itu berdasarkan arahan atau perintah dari Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dan arahan pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37 pada 9 September 2020. Pada saat itu, presiden meminta kepada Kemenpora melakukan review total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional.

“Tak hanya itu juga, kami juga diminta menggunakan big data, dan juga menjadikan sport science sebagai unsur utama di dalam pembinaan olahraga nasional,” ujar dia.

Atas dasar itu, Kemenpora segera menyusun desain besar tentang olahraga nasional dengan bekerja sama bersama stakeholders lainnya seperti, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), National Paralympic Committee (NPC), perguruan tinggi, akademisi, serta praktisi bidang olahraga.