close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Shayne Pattynama. Foto: Ist
icon caption
Shayne Pattynama. Foto: Ist
Olahraga
Senin, 21 Agustus 2023 19:08

Shayne Pattynama antar Viking FK ke sembilan laga tanpa terkalahkan

Akurasi umpan Shayne Pattynama menjadi salah satu yang terbaik di laga ini.
swipe

Herman Geelmuyden menerima umpan panjang lambung tinggi dan berupaya mengontrol bola ketika mendarat di rumput. Tapi kontrolnya tidak cukup akurat, bola menjauh, pada sentuhan kedua Shayne Pattynama berhasil menggeser laju bola. Di menit ke-5 itu, Shayne langsung menutup amat rapat ruang gerak Geelmuyden, hingga sayap kanan Stabæk hanya bisa mengalirkan bola mundur ke belakang.

Viking FK menanjak ke posisi runner-up klasemen sementara Eliteserien setelah memenangkan duel kontra Stabæk 1-0 di Viking Stadion (SR-Bank Arena), Minggu (20/8). Liga kasta teratas Norwegia menjadi panggung besar bagi bek kiri Indonesia Shayne Pattynama menunjukkan kualitasnya di atas rerata pesepak bola nasional Merah Putih.

Klub Shayne tak terkalahkan sejak 4 Juni 2023. Meraup poin 44 hingga pekan XIX, Viking FK hanya kurang selisih gol dari pemuncak klasemen Bodo/Glimt.

"Viking terus melaju pasti, setelah memenangkan sembilan pertandingan liga berturut-turut. Mereka telah mencetak 22 gol dalam prosesnya, dan hanya kebobolan tujuh. Satu-satunya kekalahan kandang mereka di liga musim ini adalah melawan juara Molde, dan tim berjuluk Stavanger ini telah memenangkan tujuh dari 10 pertandingan terakhir mereka di SR-Bank Arena," ulas Kevin Hatchard, jurnalis olahraga berpengalaman 20 tahun, dan saat ini menjadi komentator TV untuk Bundesliga, serta pundit dan komentator radio untuk UEFA, talkSPORT, dan Amazon.

Menyoroti kontribusi Pattynama di akhir pekan ini sangat mengesankan. Turun penuh 90 menit, dia total berinteraksi aktif dengan bola dalam 118 sentuhan.

Shayne memblokir dua kali tembakan lawan dan sekali sukses menekel musuhnya. Unggul duel bola bawah dalam satu kesempatan, lima kali menguasai perebutan bola atas, namun masih agak ceroboh karena sebelas kali kehilangan bola serta sekali melakukan pelanggaran.

Akurasi umpannya menjadi salah satu yang terbaik di laga ini, sukses 98 dari 106 kesempatan, dengan ketepatan 92 persen. Sempat pula membukukan satu umpan kunci yang membuahkan peluang emas untuk rekan setimnya menciptakan gol. Tiga umpan silang yang dilayangkannya akurat, tapi satu terlalu jauh dari jangkauan. Sepuluh umpan panjangnya bagus sekali, meskipun tujuh kali gagal disambut rekannya.

Semua itu hasil statistik Sofascore seperti dikutip Alinea. Klub Stabæk yang terakhir melawan kehebatan Shayne telah merasakan bahwa grafik permainannya naik, kini ratingnya meningkat jadi 7,6 dari rerata 6,97 sejak 25 Juli 2023.

img
Arpan Rachman
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan