Ketua Federasi Sepakbola Spanyol: Negara kami memang bermasalah dengan rasisme

Isu rasisme dalam sepakbola Spanyol kembali mencuat setelah pemain Vinicius Jr diolok-olok dengan sebutan 'monyet' oleh suporter.

Vinicius. Foto Twitter

Kasus rasisme sedang mengguncang citra sepakbola Spanyol. Ketua Federasi Sepakbola Negeri Itu Luis Rubiales pun akhirnya mengakui bahwa Spanyol memang memiliki masalah rasisme.

Isu rasisme dalam sepakbola Spanyol kembali mencuat setelah pemain Real Madrid Vinicius Jr diolok-olok dengan sebutan 'monyet' oleh suporter Valencia, saat pertandingan di Stadion Mestalla akhir pekan lalu. Pertandingan pun sempat dihentikan selama 10 menit.

Di luar itu, Video yang diposting di media sosial dan diverifikasi oleh Reuters menunjukkan ratusan fans Valencia menyanyikan "Vinicius adalah seekor monyet" saat bus Real Madrid tiba di stadion sebelum pertandingan.

"Hal pertama adalah mengakui bahwa kami memiliki masalah di negara kami," kata Rubiales pada konferensi pers di Madrid, Senin (22/5). Ini adalah "masalah serius yang juga menodai seluruh tim, seluruh basis penggemar, seluruh klub, seluruh negara," imbuhnya.

Setelah insiden nyanyian rasis di lapangan di laga yang sempat diwarnai kericuhan itu Vinicius pun mengeluapkan emosinya di Twitter.