Legenda sepak bola Pele meninggal dunia

Pele telah menjalani kemoterapi sejak tumor diangkat dari usus besarnya pada September 2021.

Pele. Foto: DW

Pele, pemain sepak bola Brasil legendaris meninggal pada hari Kamis di usia 82 tahun. Rumah sakit Albert Einstein di Sao Paulo, tempat Pele menjalani perawatan, mengatakan dia meninggal pada pukul 15.27 karena beberapa kegagalan organ akibat perkembangan kanker usus besar yang terkait dengan kondisi medis sebelumnya.

Meninggalnya satu-satunya pria yang tiga kali menjuarai Piala Dunia sebagai pemain itu dikonfirmasi di akun Instagram miliknya.

“Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pele, yang meninggal dengan damai hari ini,” bunyinya, menambahkan dia telah “mempesona dunia dengan kejeniusannya dalam olahraga, menghentikan perang, melakukan pekerjaan sosial di seluruh dunia dan menyebarkan apa yang dia paling diyakini sebagai obat untuk semua masalah kita: cinta.”

Penghormatan mengalir dari seluruh dunia olahraga, politik, dan budaya populer untuk sosok yang melambangkan dominasi Brasil dalam permainan indah ini.

Pemerintah Presiden Jair Bolsonaro, yang meninggalkan kantor pada hari Minggu, mengumumkan tiga hari berkabung, dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Pele adalah "warga negara dan patriot yang hebat, mengangkat nama Brasil ke mana pun dia pergi."