Lepas kontingen PON DKI, Anies targetkan juara umum

Jakarta berhasil menjadi juara umum PON sebanyak 11 kali.

Prosesi pelepasan secara simbolis keberangkatan kontingen DKI Jakarta ke PON XX Papua di Balai Kota Jakarta, Rabu (15/9/2021). Foto Beritajakarta/Toni Riyanto

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menargetkan kembali mengggondol juara umum dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Target itu disampaikan saat melepas secara simbolis keberangkatan kontingen Jakarta ke ajang PON XX Papua, yang akan berlangsung 2-15 Oktober.

Anies mengatakan, semangat merebut kembali juara umum harus dibawa kontingen Jakarta. Pada PON XIX Jabar 2016, terangnya, tim Ibu Kota hanya meraih peringkat ketiga dari perolehan jumlah medali, sementara kompetisi sebelumnya di Riau, meraih juara umum.

"Kalau melihat statistiknya, perolehan DKI Jakarta di tahun-tahun sebelumnya kita biasa berada di papan atas. Hanya 2016 kita belum juara umum bahkan pada 2012, kita mampu meraihnya. Insyaallah, pada PON kali ini kita berhasil kembali sebagai juara umum," katanya di Balai Kota Jakarta, Rabu (15/9).

Optimisme Anies didasarkan pada data. Dari 20 kali PON, Jakarta 11 kali mampu raih juara umum. "Insyaallah, habis ini 12 kali juara umum." 

Kontingen DKI Jakarta yang dilepas terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial. Total kontingen yang berangkat mencapai 1.350 orang, sedangkan atlet yang akan mengikuti 37 cabang sebanyak 735 orang.