Luhut pede event F1 Powerboat promosikan Danau Toba ke dunia

Pemerintah mengusulkan agar kejuaraan F1 Powerboat digelar di Indonesia hingga 5 tahun ke depan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan (kiri), Luhut pede event F1 Powerboat promosikan Danau Toba ke dunia. Dokumentasi Kemenko Marves

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan, mengatakan, kejuaraan F1 PowerBoat merupakan kesempatan bagi Danau Toba, Sumatera Utara, untuk tampil ke kancah global. Pasalnya, kegiatan perdana ini disaksikan banyak penonton dari segala penjuru dunia.

"Ini 180 juta orang yang menyaksikan live di Eropa. Sekarang, tinggal ngatur waktu pertandingan di sini sama orang nonton di Eropa," katanya saat menyaksikan kejuaraan F1 PowerBoat, Minggu (26/2).

Luhut menambahkan, pemerintah sedang berupaya menggenjot pariwisata Danau Toba. Karenanya, dia akan mengadakan rapat dengan Kapolda Sumatera Utara dan para bupati, pekan depan.

"Kita cari desainnya. Kita list down event, venue-nya di mana, kapan saja, penanggung jawabnya apakah pemerintah pusat, pemda, atau private sector. Jadi, kombinasi dari itu semua, saya kira, akan membuat posisi Indonesia baik," tutur Luhut.

Sejumlah investor nasional yang ikut menyaksikan pertandingan F1 Powerboat diklaim mengutarakan ketertarikan berinvestasi di kawasan Danau Toba. Salah satunya, membangun hotel.