Manny Pacquiao: Tinju telah selesai, terima kasih mengubah hidup saya

Manny Pacquiao putuskan gantung sarung tinju.

Senator dan petinju Filipina Manny Pacquiao melontarkan pertanyaan pada pensiunan polisi Arturo Lascanas dalam investigasi Senat terkait dugaan pembunuhan ekstrayudisial di Manila, Senin (6/3/2017). Sumber: Reuters.

Juara tinju dunia asal Filipina Manny Pacquiao mengumumkan dirinya, Rabu (29/9), pensiun dari dunia tinju. Dalam sebuah video berdurasi 14 menit 20 detik, juara dunia 12 kali kelas welterweight tersebut mengaku tak pernah menyangka sebelumnya akan mengakhiri kariernya dalam tinju.

“Saya telah mendengar bel terakhir. Tinju telah selesai,” sebut Pacquiao via Reuters. “Saya tidak pernah menyangka hari ini akan tiba seraya saya menggantung sarung tinju saya,” ungkap Pacquiao.

Sementara itu, The Guardian melaporkan Pacquiao juga mengucapkan terima kasih kepada para fansnya dan dunia tinju profesional. Petinju kebanggaan Filipina ini lahir dari keluarga kurang mampu. Namun, karier dalam tinju profesional telah mengubah nasib atlet bernama lengkap Emmanuel Dapidran Pacquiao tersebut.

Pada Mei 2021 lalu, South China Morning Post menyebut Pacquiao sebagai petinju terkaya ketiga di dunia. The Richest memperkirakan seluruh kekayaannya bernilai US$220 juta.

“Terima kasih telah mengubah hidup saya, ketika keluarga saya putus asa, anda memberi saya harapan, anda memberi saya kesempatan bertarung untuk keluar dari kemiskinan,” sebut petinju legendaris dengan julukan ‘Pac-Man’ tersebut dalam video itu.