Marc Klok tolak keinginan Shin Tae-yong sebelum adu penalti

Kemenangan Indonesia ditentukan oleh eksekusi Marc Klok yang menjadi algojo ke lima.

Timnas sepakbola SEA Games. Foto PSSI.org

Indonesia menyabet perunggu di cabang sepakbola SEA Games 2021, Vietnam. Perjuangan Garuda untuk menggondol medali tidak mudah. Mereka harus melaluinya melalui drama adu penalti untuk membekap Malaysia.

Kemenangan ditentukan oleh eksekusi Marc Klok yang menjadi algojo kelima. Dengan tenang ia menendang bola ke arah kiri penjaga gawang dan dengan mudah memperdaya kiper Malaysia Muhamad Rahadiazli. Indonesia pun unggul 4-3 di penalti itu. Sebelumnya dalam waktu normal, Indonesia dan Malaysia bermain imbang 1-1.

Di balik kesuksesan Marc Klok menjadi penendang kelima, ternyata ada cerita. Gelandang naturalisasi itu menolak permintaan Shin Tae-yong untuk menjadi eksekutor ketiga. Ia meminta Shin untuk menjadikannya sebagai penendang kelima. Shin pun tak keberatan.

"Sebelum adu penalti, coach Shin suruh saya ambil (penalti) yang ketiga. Namun saya punya firasat dan bilang mau ambil penalti kelima," kata Klok usai laga, seperti dikutip laman PSSI. "Lalu coach bilang oke dan momentumnya datang," tambah dia.

Marc Klok sendiri sadar beratnya beban menjadi eksekutor kelima. Namun ia percaya diri karena sudah mengasahnya dalam latihan.