Menanti keberlanjutan medali emas di ajang bergengsi lainnya

Tentunya cabang-cabang olimpik harus menjadi perhatian pembina olahraga Indonesia agar bisa berkiprah lebih jauh lagi di pesta olahraga

Peraih medali emas cabang olahraga pencak silat Asian Games 2018, Komang Harik Adi Putra (kanan), Ni Made Dwiyanti (kedua kanan), Sang Ayu Sidan Wilantari (kedua kiri), peraih medali perak cabang olahraga Skateboard Sanggoe Dharma Tanjung (kiri) dan peraih medali perunggu cabang Karate Cokorda Istri Agung Sanistyarani (tengah) menujukkan medali saat pawai atlet di Kota Denpasar, Bali, Selasa (4/9)./AntaraFoto

Meraih 31 medali emas dan berada pada poaisi empat besar dalam Asian Games 2018 merupakan kesuksesan yang dicatat Indonesia selaku tuan rumah pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Capaian prestasi itu melewati target yang dicanangkan sebelumnya oleh pemerintah yakni 16 emas dan peringkat 10 besar Asia.

Adalah wajar jika para atlet yang berhasil meraih medali pada Asian Games 2018 tersebut mendapat bonus ratusan juta rupiah dari pemerintah dan sejumlah pihak.

Bahkan sejumlah pemerintah daerah juga turut memberi hadian bagi atlet-atlet asal daerahnya yang mampu mencatat prestasi terbaik pada Asian Games 2018 itu.

Medali emas Indonesia masing-masing diraih melalui cabang pencak silat dengan prestasi terbaik (14 emas), panjat tebing (3), paralayang (2), bulu tangkis (2), sepeda gunung (2), serta wushu, angkat besi, taekwondo, jetski, tenis, dayung, sepak takraw, karate masing-masing satu medali emas.