Menpora: Peparnas XVI Papua miliki gengsi sama dengan PON XX

Peparnas XVI Papua 2021 ini hanya mempertandingkan 12 cabang olahraga saja.

Menpora Zainudin Amali, saat berikan keterangan pers terkait, Pekan Paralimpik Nasional (Perpanas) XVI Papua 2021. Foto dokumentasi Menpora.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memastikan, adanya kesetaraan antara penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Perpanas) XVI Papua 2021.  

Jelang Peparnas XVI yang mana akan digelar pada 5-15 November 2021, dia menegaskan, tidak ada pembeda antara penyelenggaraan PON XX papua dan Perpanas XVI Papua. 

"Dalam waktu dekat kami akan melaksanakan Peparnas XVI, karena tidak ada bedanya antara PON dan Peparnas, semua kita fasilitasi yang sama, yang membedakan hanya dari jumlah cabor yang dipertandingkan," kata Zainudin dalam Forum Merdeka Barat 9, Senin (1/11).  

Dalam forum tersebut, Menpora menyebut, bahwa Peparnas XVI Papua 2021 ini hanya mempertandingkan 12 cabang olahraga saja. Untuk atlet, pelatih dan kontingen yang hadir dalam Peparnas nanti diperkirakan yang akan hadir sebanyak 3500 orang. 

Sedangkan, untuk PON XX Papua jumlah orang yang hadir sebanyak 12.000 dan terdapat 37 cabang olahraga yang dipertandingkan.