Menpora rilis DBON, Kadin akan kembangkan industri olahraga

Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) diluncurkan bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 pada 8 September 2021.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Pemerintah meluncurkan Desain Besar Olahraga Nasional (BDON) bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 pada hari ini (Rabu 8/9). Ia diharapkan menjadi jaminan prestasi olahraga Tanah Air. 

“Dengan Desain Besar Olahraga Nasional ini, kita mempunyai kepastian, mempunyai jaminan, bahwa itu terstruktur dan terencana dengan baik dan jangka panjang. Jadi misalnya di tingkat (atlet) elite nasional itu pasti, kita siapkan lapisannya kedua, ketiga, dan berikutnya. Itu namanya terdesain,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Dia melanjutkan, ilmu olahraga (sport science) juga tertuang dalam DBON. Ia bahkan diklaim berperan cukup menonjol selain wisata olahraga (sport tourism) dan industri olahraga (sport industry).

“Hulu adalah tingkat kebugaran masyarakat. Masyarakat yang sehat dan bugar kita bisa dapatkan talenta atlet. Tak mungkin kita dapat talenta dari masyarakat yang tidak bugar; sementara hilirnya adalah prestasi. Untuk itu, kita mendorong ini, olahraga menjadi budaya masyarakat kita,” tuturnya.

"Lahirnya DBON adalah jawaban dari arahan Bapak Presiden Joko Widodo saat Haornas tahun lalu. Saya kira, mohon dukungan dari semua pihak agar implementasinya bisa berjalan dengan baik," imbuh dia, melansir situs web Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).