Nama besar Qatar tinggal kenangan Indonesia

Pelatih kepala Marquez Lopez mengaku senang Qatar membuka kampanye mereka dengan kemenangan.

Akram Afif gembira dengan cetakan dua golnya ke Lebanon. Foto AFC

Akram Afif dinobatkan sebagai pemain terbaik pada laga pembuka Piala Asia 2023. Dua gol dari kakinya membantu tuan rumah Qatar menggilas Lebanon 3-0 di Lusail Stadium, Doha, Sabtu (13/1) dini hari WIB.

Afif menjadi bukti bahwa buah yang jatuh tak jauh dari pohonnya. Keturunan Arab Yaman, dia lahir di Doha, Qatar, dari seorang ibu rumah tangga asal suku Yafa'a dari Yaman. Ayah Afif kelahiran Tanzania dan kemudian pindah ke Somalia. Ayahnya, Hassan Afif, mantan pemain terkenal di klub Horseed FC di Somalia dan tim nasional Somalia, sebelum pindah ke Qatar dan bermain untuk Al Ittihad.

"Pohon" Hassan menghasilkan "buah" Akram yang manis. Ia membuat jatuh cinta 80.000 fans tim berjuluk Maroon.

Duet sehatinya, striker Almoez Ali, berasal dari sesama imigran. Ali sendiri dari Sudan. Dia menyelingi dua gol rekan duetnya lewat sundulan mematikan.

Mereka berdua tampak serasi memadukan reaksi kimiawi zat-zat alami dari dalam tubuh atletis yang positif dan nyaman sehingga melekat erat ke sembilan rekan sepermainan di tengah lapangan. Tim Qatar bersatu-padu tanpa kendala selama 90 menit waktu normal plus 15 menit tambahan.