Polri siapkan satgas berantas mafia skor

Polri akan bikin nota kesepahaman dengan PSSI sebagai dasar kerja sama memberantas mafia pengatur skor di pertandingan sepak bola.

Ilustrasi laga sepak bola di Indonesia kerap diwarnai pengaturan skor. Foto Antara

Polri siap membantu Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) guna  memberantas mafia pengatur skor dalam pertandingan sepak bola di Indonesia. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, menegaskan, Polri sudah menugaskan direktorat pidana umum (Ditpidum) untuk mengemban tugas tersebut.

"Bareskrim sudah menugaskan Direktur Pidana Umum untuk bekerja sama dengan PSSI dalam rangka mengantisipasi pengaturan skor di dalam pertandingan sepak bola Indonesia," ujarnya di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta, Selasa (18/12).

Dedi mengungkapkan, nantinya Polri dan PSSI akan bekerja sama membentuk satuan tugas (satgas) untuk memberantas mafia pengatur skor. Kerja sama tersebut bakal dikukuhkan dalam sebuah nota kesepahaman antara kedua institusi.

"Ya, nantinya akan ada semacam satgas untuk memberantas pengaturan skor di dalam persebakbolaan," tuturnya.

Lebih jauh, Dedi juga meminta agar PSSI aktif melaporkan dugaan pengaturan skor dalam sebuah pertandingan. Dugaan tersebut nantinya bakal didalami Polri lebih jauh sebelum dimasukan ke dalam kategori pidana tertentu.