Ribuan warga ikuti kirab juara pahlawan olah raga Indonesia di SEA Games 2023

Kirab diikuti para atlet dari cabang olah raga di antaranya sepak bola, atletik, aquatik, bulutangkis, basket, biliar, tinju, catur kriket.

Kirab kontingen Indonesia di SEA Games 2023 diikuti ribuan masyarakat yang telah berkumpul di depan Kantor Kemenpora. Foto istimewa

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, didampingi istri Niena Kirana Ario Bimo Nandito secara resmi melepas Kirab juara Kontingen SEA Games 2023 dari Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (19/5) pagi. Menpora Dito sebut prestasi kontingen Indonesia di SEA Games adalah hasil kolaborasi semua pihak.

"Ini adalah (prestasi kontingen Indonesia di SEA Games) merupakan hasil dari kolaborasi semua pihak untuk mensukseskan keikutsertaan kita di SEA Games 2023 Kamboja," kata Menpora Dito sebelum melepas kirab dari Kantor Kemenpora, Jumat (19/5) pagi.

"Terima kasih para pejuang olah raga, terima kasih telah membuat kita semua bangga. Setelah ini kita keliling sedikit di Sudirman hingga GBK untuk menghormati dan mengapresiasi kalian semua," tambah Menpora Dito pada kirab bertemakan 'Prestasimu Kebanggaan Kita'.

Menurut Menpora Dito, Kemenpora akan selalu mendukung dan mensupport seluruh elemen atlet cabang olah raga dan pelatih yang telah berkontribusi dan memberi prestasi untuk merah putih. 

"Kalian semua adalah bagian dari kesuksesan Indonesia meraih perolehan 276 medali dengan rincian 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Sehingga mampu mempertahankan peringkat di peringkat III," lanjutnya, dalam keterangan resminya.