Tak diunggulkan melawan tuan rumah juara bertahan, Yordania tersesat di final Piala Asia 2023?

Mousa Al-Taamari mengumpan Yazan Al-Naimat membuahkan gol pembuka yang indah.

Yordania bermimpi meraih Piala Asia mengalahkan juara bertahan dan tuan rumah Qatar. Foto Simon Holmes-Getty Images

Sebelum turnamen dimulai mungkin tidak seorang pun mau memprediksi bahwa Yordania akan menghadapi Qatar pada final Piala Asia 2023 di Lusail Stadium, Sabtu (10/2)

Yordania siap mengangkat mahkota Asia? Sepertinya hanya khayalan atau bualan seorang pembohong. Tapi terbukti mereka ke final, pertama dalam sejarah.

Memasuki kejuaraan kontinental ini sebagai tim peringkat ke-13 Asia yang berada di rangking FIFA atau posisi ke-87 dunia. Hanya dua kemenangan Yordania dalam sepuluh pertandingan terakhir. Hasil terbaru kalah 1-6 versus Jepang dalam uji coba terakhir pra-turnamen.

Hanya satu dari pemain mereka – Musa Al-Taamari – yang bermain di Eropa, di klub Ligue 1 Montpellier. Sebagian besar skuad diambil dari Liga Pro Yordania, yang gagal mencapai level prestise seperti kompetisi rival tetangganya Liga Pro Saudi, Liga Pro UEA, atau Star League Qatar.

Pelatih Hussein Ammouta berharap perjalanan mereka ke final akan dapat membantu mengubah keadaan. Ia melihat masa depan di mana banyak pemain Yordania diberi kesempatan ke Eropa karena federasi negara tersebut mengejar investasi yang lebih besar dan fokus pada program junior.