Wasit yang menguntungkan Irak menjengkelkan Korsel

Irak merupakan sebuah negeri Timur Tengah dalam spektrum geopolitik Arab sebagaimana dipetakan dunia.

Pemain Korea Selatan senang mencetak gol ke gawang Irak. Foto KFA

Jazirah Arab, yang banyak bergurun pasir, kesannya tiada keindahan. Seperti "tanah panas" menjunjung budaya bersilang pedang dan penuh konflik bersenjata sebagai bagian tergelap dari dunia kematian.

Olahraga sepak bola seperti mustahil dimainkan di sana. Sebab rumput tak mau tumbuh secara alamiah di kawasan yang diliputi medan perang tersebut.

Semua berubah ketika Qatar menyelenggarakan Piala Dunia 2022. Bangunan stadion hipermodern ditunjang teknologi canggih akhirnya memanjakan mata publik bola terarah ke Jazirah Arab. Mata publik internasional terbuka.

Secara artifisial rumput buatan tumbuh pada sembilan kota tuan rumah Piala Asia 2023. Jangan sampai pertandingan nanti juga dihasilkan secara buatan bukan berdasarkan sportivitas olahraga.

Irak merupakan sebuah negeri Timur Tengah dalam spektrum geopolitik Arab sebagaimana dipetakan dunia. Negeri 1001 Malam juga tak lepas dari pertempuran. Usai perang saudara Irak-Iran 80an, mereka hangus oleh agresi Amerika Serikat dengan dalih palsu senjata pemusnah massal.