Cek fakta: Prabowo bilang, 40 tahun Tiongkok entaskan kemiskinan

"Kita harus mencontoh seperti RRT, dalam 40 tahun dia hilangkan kemiskinan,” kata Prabowo.

Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno dalam debat terakhir di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4). Alinea.id/Ahmad Rifwanto.

Saat menjawab pertanyaan dari moderator terkait tema ekonomi, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan, Indonesia harus mencontoh Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dalam pengentasan kemiskinan.

“Kita harus berani mengoreksi diri, kita salah jalan. Kita harus mencontoh seperti RRT, dalam 40 tahun dia hilangkan kemiskinan,” kata Prabowo dalam debat terakhir di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/2).

BENAR

Berdasarkan data dari World Bank, sejak menginisiasi market reform tahun 1978, Tiongkok mengalami pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sosial yang pesat. Pertumbuhan Gross Domestic Product Tiongkok dalam setahun rata-rata tercatat sebesar 10% dan lebih dari 850 juta penduduknya telah beranjak dari kemiskinan. Tiongkok pun meraih Millenium Development Goals (MDGs) pada 2015 lalu.

Walau ekonomi Tiongkok meningkat dengan pesat, market reform yang dijalankan masih belum sepenuhnya selesai. Tiongkok pun saat ini tengah berusaha untuk menghilangkan kemiskinan pada 2020. Meski begitu, Tiongkok masih memiliki sebanyak 373,1 juta orang yang berada di bawah garis kemiskinan dengan pemasukan kurang dari US$5,50 per hari.