Debat Cawapres penuh kejutan, unggul Ma'ruf Amin atau Sandi?

Debat kandidat calon wakil presiden yang digelar Minggu (17/3) disebut-sebut penuh kejutan. Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno, siapa unggul?

Diskusi Formappi. Alinea.id/Kudus Purnomo

Debat kandidat calon wakil presiden yang digelar Minggu (17/3) disebut-sebut penuh kejutan. Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno sama-sama tampil di luar ekspektasi.

Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin membuktikan kapasitas lebih tinggi dari perkiraan. Selama ini, mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu kerap dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

"Debat cawapres kemarin itu surprise. Kejutannya di mana? Karena banyak orang yang memandang rendah Ma'ruf Amin sebelumnya. Tetapi dalam debat cawapres kemarin itu beliau memang tampil memukau, mematahkan anggapan orang selama ini," ujarnya di kantor Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Matraman, Jakarta, Selasa (19/3).

Menurut dia, Ma'ruf Amin dinilai lebih memahami strategi debat ketimbang cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno sebagai penantangnya. Sebab, Ma'ruf mengolaborasikan masalah, solusi, dengan ilmu fikih yang dimilikinya.

"Itu memang mengejutkan dan sungguh menarik, bahkan menggelitik. Saya kira ini pilihan diksi yang menurut saya bagian dari strategi juga, selain untuk mencairkan suasana kebekuan," paparnya.