Debat Pilpres 2019: Prabowo bakal gaji besar hakim, cek faktanya

Prabowo Subianto berjanji akan gaji besar aparat penegak hukum, termasuk hakim, agar tak tergoda korupsi.

Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) dan Sandiaga Uno (kanan) mengambil undian pertanyaan saat debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). /Antara Foto.

Sebelum debat dimulai, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan bertarung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mengemukakan visi misinya secara singkat terlebih dahulu. Menurut calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, untuk mengatasi masalah hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme petugas yang berwenang harus dijamin kesejahteraannya.

“Hakim, jaksa, polisi, harus unggul, baik, dan tidak boleh diragukan integritasnya. Kami dalam menghadapi masalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme menyelesaikannya pada muara masalah. Kita harus cukup uang untuk jamin kualitas hidup, agar semua petugas yang punya wewenang mengambil keputusan, supaya dia tidak tergoda korupsi. Gaji hakim dengan hebat agar tidak terpengaruh,” kata Prabowo dalam acara debat di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).

Terkait gaji hakim, benarkah penghasilan hakim masih kecil, dan apakah bila bergaji besar ditanggung tidak akan terjerat korupsi?

SALAH

Gaji hakim tergolong besar. Misalnya saja besaran penghasilan yang didapatkan hakim di bawah Mahkamah Agung.