Demokrat lapor dana kampanye, SBY dan Ani Yudhoyono penyumbang individu terbesar

Partai Demokrat melaporkan dana kampanye senilai total Rp190 miliar.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat (PD) Hinca Panjaitan memberikan keterangan kepada wartawan terkait surat Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono yang mengkritik konsep kampanye akbar Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno./ Antara Foto

Partai Demokrat menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) ke akuntan publik yang ditunjuk Komisi Pemilihan Umum. Total dana yang dilaporkan partai besutan Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) senilai Rp190 miliar.

"Biaya yang kami keluarkan untuk kampanye totalnya Rp190 miliar," kata Sekretaris Jenderal Demokrat, Hinca Panjaitan di Jakarta Pusat, Kamis (2/5).

Menurutnya, dana kampanye paling besar diterima dari sumbangan para calon anggota legislatif (caleg). Selebihnya merupakan pemasukan dari partai dan sumbangan perseorangan.

Pengeluaran terbesar Partai Demokrat juga diperuntukan untuk kampanye caleg. Pengeluaran partai sebesar Rp1,38 miliar, sedangkan pengeluaran caleg sebesar Rp180.871.000.000. Pengeluaran kampanye caleg, didominasi untuk pembuatan alat peraga kampanye (APK).

"Pengeluaran terbesar itu diperuntukan dalam kampanye caleg (untuk APK), totalnya itu Rp180 miliar tadi. Itu iklannya ya pro rata, kira-kira hanya Rp4 miliar saja," katanya.