Exit poll LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Amin menang 56,4%

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengumumkan hasil exit poll menunjukkan keunggulan Jokowi-Ma'ruf Amin dengan 56,4%.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengumumkan hasil exit poll menunjukkan keunggulan Jokowi-Ma'ruf Amin dengan 56,4%. / Antara Foto

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengumumkan hasil exit poll menunjukkan keunggulan Jokowi-Ma'ruf Amin dengan 56,4%.

Peneliti LSI Fitri Hari menjabarkan, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul 56,4% dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh suara 43,6%. 

"Exit Poll dilakukan di 2.000 TPS yang tersebar di seluruh Indonesia. Di mana-mana masing-masing TPS dipilih empat orang untuk diwawancarai," ujar Fitri saat konferensi pers di Graha Dua Rajawali, Kamis (17/4).

Exit poll merupakan survei yang dilakukan segera setelah pemilih meninggalkan tempat pemungutan suara (TPS). Exit poll mewawancarai langsung pemilih di TPS tertentu. Hasilnya, biasanya tidak jauh berbeda dengan quick count

Dari jumlah pemilih berdasarkan data KPU yang sebanyak 190.779.969 dan jumlah TPS sebayak 810.176, LSI mengambil sampel 8.000 responden di 2.000 TPS yang tersebar secara proporsional dan dipilih secara acak di seluruh Indonesia.