Golkar klaim Sultan Hamengkubuwono satu misi menangkan Jokowi

Partai Golkar mengaku pandangan Sri Sultan Hamengkubuwono satu suara dengan partai.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto didampingi sejumlah kader Partai Golkar. Antara Foto

Partai Golkar mengklaim Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono, bakal satu misi mendukung pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, pada pemilihan umum atau Pemilu 2019.

Demikian diungkapkan oleh Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono. Menurutnya, Gubernur Yogyakarta merupakan seseorang yang dengan senang hati bertemu dengan siapa pun, termasuk dengan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. Namun demikian, Agung memastikan Sultan Hamengkubuwono masih berada dalam jalur partai.

“Ya kalau soal ketemu karena dia kan Gubernur (DIY), boleh-boleh saja. Tapi, saya yakin dia pandangannya sama dengan kami. Misinya pun sama, membawa kemenangan untuk paslon 01,” kata Agung di Jakarta pada Selasa, (9/4).

Sebelumnya, Prabowo Subianto didampingi Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Djoko Santoso, sowan ke kediaman Sri Sultan Hamengkubuwono untuk meminta izin berkampanye di wilayah Yogyakarta. Kedatangan kubu 02 itu diketahui atas inisiatif Prabowo Subianto sendiri. Pertemuan dengan Sultan Hamengkubuwono itu berlangsung di Gedung Kepatihan, Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta.

Menanggapi pertemuan itu, Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan pihaknya santai saja merespons pertemuan Prabowo dan Sri Sultan.