Hasil survei: Jokowi-Ma’ruf unggul 53%, Prabowo-Sandiaga 34%

Survei Charta Politika Indonesia dari 53,2% orang yang memilih Jokowi-Ma'ruf, sebanyak 11,7% karena menyukai Jokowi.

Kedua pasangan capres dan cawapres menunjukkan nomor urut di Pilpres 2019/ Antara Foto

Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbarunya tentang pemilihan Capres-Cawapres berdasarkan alasan memilihnya. Dari survei yang dilakukan kepada 2000 responden sejak 22 Desember 2018-2 Januari 2019, menunjukkan 53,2% responden memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Lalu sekitar 34,1% responden memilih Prabowo-Sandiaga Uno. Sisanya, 12,7% menyatakan tidak tahu.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, mengatakan dari 53,2% responden pemilih Jokowi, sebanyak 34,3% di antaranya menyatakan alasannya memilih Jokowi-Ma'ruf Amin karena kinerjanya yang dianggap bagus dan berpengalaman.

Selain itu, sebanyak 32% pemilih menyatakan karena keduanya berjiwa sosial dan merakyat. Selanjutnya, pemilih dengan alasan karena kesukaannya terhadap Jokowi sebanyak 11,7%. 

“Pemilih jenis ini atau yang terakhir adalah mereka yang termasuk ke dalam pemilih fanatik,” kata Yunarto di Kantor Charta Politika Indonesia pada Rabu (16/1).

Sementara itu, Yunarto mengungkapkan, kesukaan pemilih terhadap calon Wakil Presiden dari nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin ternyata tak sampai 1%. Angka ini berbanding jauh bila dibandingkan dengan Jokowi.