IPS ungkap dukungan massa 10 partai terhadap 3 bacapres

IPS menemukan kalau basis massa atau pemilih Partai Gerindra, PKS, dan Partai Nasdem paling solid mendukung bacapres yang diusung partainya.

Ilustrasi para calon presiden (capres) 2024. Alinea.id/Firgie Saputra

Indonesia Polling Stations (IPS) merilis survei terbarunya soal kecenderungan arah dukungan basis massa 10 partai besar terhadap tiga bacapres.

Survei tersebut dilakukan pada 5 sampai dengan 15 September 2023 di 38 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Jumlah sampel survei IPS sebesar 1220 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error +/- 2,8%, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

"Hasilnya, IPS menemukan kalau basis massa atau pemilih Partai Gerindra, PKS, dan Partai Nasdem paling solid mendukung bacapres yang diusung partainya. Jika saat ini dilaksanakan pemilu, lebih dari 60% pemilih ketiga partai tersebut mengaku, akan memilih bacapres pilihan partainya," kata peneliti IPS Alfin Sugianto, dalam keterangan resminya, Jumat (22/9).

Sementara itu, basis massa atau pemilih PDI Perjuangan hingga kini belum solid mendukung bacapres Ganjar Pranowo. Sedangkan PKB kendati telah bergabung dalam koalisi pengusung Anies Baswedan, bagian terbesar dari basis massa atau pemilih partai itu ternyata masih mendukung bacapres Prabowo.

IPS mengajukan pertanyaan kepada responden, jika saat ini dilaksanakan pemilihan presiden (Pilpres) siapakah yang akan dipilih dari tiga bacapres papan atas yang beredar saat ini.