Sepak terjang Ira Koesno sang moderator debat

Ira Koesno diprediksi akan membuat debat makin menarik.

Ira Koesno saat debat kandidat Pilkada DKI Jakarta 2017. /Instagram

Debat perdana calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) akan dipandu oleh Ira Koesno dan Imam Priyono pada Kamis (17/1) yang digelar di Gedung Bidakara, Jakarta.

Keduanya dipilih berdasarkan kesepakatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan kedua tim sukses pasangan calon. Nama Ira sudah tidak asing lagi dalam ajang debat kandidat, ia pernah menjadi moderator debat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017.

Mantan penyiar berita tahun 1990-an ini dikenal piawai dalam memimpin debat kandidat. Sehingga setiap debat yang dipimpinnya mampu menarik perhatian pasang mata penonton yang ingin mengetahui kapabilitas pasangan calon yang bertarung. 

Kepiawaian perempuan bernama asli Dwi Noviratri tersebut, tak bisa dilepaskan dari latar belakangnya yang merupakan mantan jurnalis Liputan 6 SCTV. Sebelum debat kandidat Pilkada DKI Jakarta, Ira juga tercatat pernah menjadi moderator dalam debat pilpres 2004. 

Pada tahun 2004 merupakan sejarah bagi pemilu Indonesia, karena untuk pertama kalinya pemilihan presiden digelar secara langsung. Setelah saat itu, nama Ira sempat tak terdengar lagi, lantaran ia beralih profesi menjadi konsultan.