Jokowi kuasai panggung debat

Jokowi dianggap menguasai materi debat, Prabowo kerap blunder.

Calon petahana Joko Widodo (Jokowi) memaparkan capaian pemerintah pada debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/2). Foto Alinea.id/Ahmad Rikhwanto

Calon presiden nomor urut 01 tampil memesona dalam debat kedua Pilpres 2019. Menurut analis politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah Putra, Jokowi mampu menampilkan capaian-capaian pemerintahannya secara baik di bidang energi, infrastruktur dan sumber daya alam (SDA). 

"Prabowo tidak menawarkan hal baru terkait tema, sementara Jokowi diuntungkan dengan apa yang telah dilakukan. Secara umum Jokowi lebih menguasai, performa komunikasinya cukup baik. Jika harus ada skor, saya rasa 3-2 cukup adil," kata Dedi saat dihubungi Alinea.id di Jakarta, Minggu (17/2).

Selain ketiga bidang itu, debat kedua kandidat yang digelar di Hotel Sultan itu juga mengambil tema pangan dan lingkungan hidup. Menurut Dedi, Prabowo tampil sedikit lebih baik di kedua bidang itu. 

Lebih jauh, Dedi menilai, Prabowo juga cukup jeli melihat pembangunan selama ini tidak beriringan dengan pemerataan kesejahteraan rakyat. Alhasil, pembangunan kerap tidak efisien dan efektif. 

"Hanya saja, Prabowo tidak juga menyampaikan solusi keberlanjutan dari pembangunan yang akan ia lakukan dalam bidang infrastruktur," kata Dedi.