Jokowi-Ma’ruf unggul di Kota Surabaya 

Paslon nomor 01 itu menang di 27 kecamatan di Surabaya.

Kampanye paslon 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Antara Foto

Pasangan Jokowi-Ma’ruf dilaporkan mengungguli perolehan suara di Surabaya, Jawa Timur. Paslon 01 itu unggul di 27 kecamatan yang sudah menuntaskan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019, yang hingga kini masih berlangsung di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jalan Adityawarman Nomor 87, Surabaya, Jawa Timur.

“Rekapitulasi kemarin (6/5) malam berjalan lancar dan santai. Tidak ada kendala jadi agak cepat,” kata Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi, Komisioner Bawaslu Surabaya, Yaqub Baliyya.

Ia berharap pelaksanaan rekapitulasi suara di Surabaya bisa selesai sesuai jadwal yang ditetapkan KPU. Sesuai Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019, yakni rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan dimulai pada 18 April-4 Mei 2019 dan tingkat kabupaten/kota dimulai 20 April-7Mei 2019.

"Kalau sesuai jadwal hari ini merupakan jadwal terakhir rekapitulasi di tingkat kota/kabupaten," katanya.

Meski demikian, lanjut dia, surat dari KPU RI Nomor 781/PL.02.6-SD/06/KPU/V/2019 tentang rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Tingkat Kecamatan disebutkan, apabila rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan tidak dapat diselesaikan sesuai tahapan, maka PPK tetap melanjutkan rekapitulasi paling lambat sebelum tahapan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten/kota berakhir.